Iklan

Sosialisasi Pemanfaatan dan Penggunaan Kawasan Hutan, Ini Kata Wabup Soppeng

Minggu, 11 April 2021, Minggu, April 11, 2021 WIB Last Updated 2021-06-05T14:43:25Z

KLIKTERKINI.COM, SOPPENG
- Pemkab Soppeng melaksanakan kegiatan sosialisasi Pemanfaatan dan Penggunaan Kawasan Hutan, yang diselenggarakan di Aula kantor Desa Sering, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng.

Dalam kesempatan itu, para undangan yang hadir melakukan penanaman pohon jenis jati, kemiri dan mahoni secara simbolis di samping kantor Desa Sering.

Wakil Bupati Soppeng, Ir Lutfi Halide dalam sambutanya berharap sosialisasi ini memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya yang bermukim di dalam maupun sekitar kawasan hutan tentang bagaimana cara memanfaatkan kawasan hutan untuk kesejahteraan masyarakat tanpa melanggar aturan yang ada sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Soppeng yaitu “Pemerintahan Yang Lebih Melayani, Maju dan Sejahtera”.

Kata Lutfi, kawasan hutan yang ada di Kabupaten Soppeng memegang peranan penting bagi kehidupan  masyarakat, karena apabila hutan sudah rusak bakal berpotensi menimbulkan bencana alam berupa banjir dan tanah longsor.

Sehingga pemerintah perlu mengambil langkah antisipasi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kawasan hutan tersebut.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait dengan kawasan hutan tentang program-program yang dapat dilaksanakan untuk pemanfaatan bagi kesejahteraan masyarakat kedepan agar para Kades yang dalam wilayahnya ada kawasan hutan untuk mendata jenis tanaman yang dibutuhkan atau diinginkan oleh warganya,” ujarnya.

Kemudian, nanti akan dibantu oleh Pemerintah melalui instansi yang berwenang. “Kami berjanji akan perhatikan dan mengawal desa yang mempunyai kawasan hutan lindung serta tetap berkoordinasi dengan instansi terkait,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kadis Kehutanan Provinsi Sulsel, A Parenrengi siap mendukung pengembangan sutera Alam di Kabupaten Soppeng.

“Insya Allah kami siap mendukung. Apalagi balai pengelolaan daerah aliran sungai dan hutan lindung telah menyiapkan bibit tanaman produktif bibit pala, rambutan, kemiri dan pinus sesuai keinginan petani,” tandasnya.
Komentar

Tampilkan

  • Sosialisasi Pemanfaatan dan Penggunaan Kawasan Hutan, Ini Kata Wabup Soppeng
  • 0

Terkini

Topik Populer

Video Terpopuler