ads

Senin, 23 Mei 2022

Dinkes Soppeng Gencar Sosialisasi Bahaya Hepatitis

Dinkes Soppeng Gencar Sosialisasi Bahaya Hepatitis

 


KLIKTERKINI.COM, SOPPENG - Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng terus melakukan sosialisasi mengenai bahaya penyakit hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya hingga saat ini, Senin (23/5/2022).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Sallang mengungkapkan, sosialisasi dimulai dari rumah sakit dan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Soppeng.


“Sosialisasi ini sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan. Rumah Sakit dan Puskesmas diminta meningkatkan kewaspadaan melalui pengamatan,” kata Sallang.


Dalam surat edaran Kemenkes, diketahui bahwa penyakit hepatitis akut ini menyerang anak-anak usia 1 bulan sampai dengan 16 tahun.


Meski pemeriksaan laboratorium telah dilakukan, namun tidak ditemukan penyebab dari penyakit yang tengah melanda dunia ini.


Kata Sallang, gejala penyakit ini hanya ditandai dengan kulit dan sklera berwarna ikterik atau kuning dan urin berwarna gelap yang timbul secara mendadak.


“Sampai saat ini belum ada laporan terkait kasus ini di Kabupaten Soppeng, tapi kita tetap melakukan sistem surveilance secara terpadu termasuk koordinasi dan komunikasi antara Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan,” bebernya.


Dirinya pun meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Karena yang terpenting untuk dilakukan saat ini adalah dengan tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. (Rilis)

Don't Miss

News Feed