Wabup Soppeng Hadiri Dialog Kebudayaan IMPS

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Wabup Soppeng Hadiri Dialog Kebudayaan IMPS

 


KLIKTERKINI.COM, SOPPENG - Ikatan Mahasiswa Pelajar Soppeng (IMPS) Koperti UNHAS menggelar Acara dialog Kebudayaan Ikatan Mahasiswa Pelajar Soppeng (IMPS) Koordinator Perguruan Tinggi (Koperti) Universitas Hasanuddin, bertempat di Gedung pertemuan masyarakat Kab. Soppeng, Selasa, 26 Juli 2022


Adapun tema yang diusung pada kegiatan ini “Pentingkah kebudayaan di era milenial”


Ummi Sofia selaku ketua panitia dalam laporannya, Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya zaman dan perubahan yang terjadi entah itu perubahan pemaknaan, datangnya budaya baru, serta perubahan cara pandang masyarakat terhadap suatu budaya terlebih lagi jika terjadi pada generasi budaya sehingga kelestarian budaya akan terancam. Dengan demikian, maka generasi muda harus bertindak tegas agar budaya lokal yang kita miliki tidak terlupakan begitu saja.


Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, agar para generasi selanjutnya mengetahui kebudayaan lokal yang kita miliki, yang selama ini sangatlah beragam dan menarik. Sehingga diharapkan para peserta dan tamu undangan lainnya mendapatkan manfaat dari acara ini.

Acara ini dihadiri oleh segenap Anggota IMPS Koperti UNHAS, dan tamu Undangan yang terdiri dari para Siswa, Mahasiswa dan organisasi kepemudaan.


Dedi Muhammad Iqbal selaku Ketua badan eksekutif mahasiswa pelajar soppeng Koperti UNHAS dalam sambutannya Menyampaikan Kegiatan dialog ini merupakan manifestasi IMPS koperti UNHAS terhadap rasa cinta daerahnya yaitu “Wanua Latemmamala” atau biasa dikenal Kab. Soppeng. Dialog kebudayaan ini juga merupakan ajang silaturahmi pemerintah daerah dan IMPS Koperti UNHAS beserta seluruh masyarakat Kab. Soppeng serta merupakan suatu ajang pengenalan dan pemberdayaan untuk kebudayan yang ada di Kab. Soppeng,



Semoga kebudayaan yang ada di Soppeng bisa lebih eksis dari sebelumnya dengan adanya kegiatan dialog ini. Dan harapan kami kedepannya, setelah kegiatan dialog ini, semoga kelompok pelestarian budaya dan seluruh sanggar seni bisa tumbuh kembali. Harapan kami juga kepada seluruh masyarakat Soppeng tetap cinta terhadap Wanua Latemmamala.


Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP yang mana dalam sambutannya, Sekarang kita telah berada di era milenial, sehingga saya mohon jika ingin membuat kegiatan jangan asal berkegiatan, tapi harus memiliki manfaat dalam membangkitkan semangat anak muda kita seperti kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini. Dengan demikian Saya berharap hasil resume dari kegiatan ini agar disampaikan kepada pemerintah daerah serta melakukan koordinasi dengan unit kerja yang menangani.


Kedepan kita akan menggali semua budaya yang ada di Kab. Soppeng sehingga dapat menjadi icon budaya dan semua orang akan mengatakan “Ayo ke Soppeng” untuk melihat budayanya. Oleh karena itu melalui kegiatan ini, mari kita diskusikan hal ini sehingga nanti ada rumusan yang dapat disampaikan ke pemerintah daerah dan Insya Allah dibawa bimbingan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulsel kita bisa buat sejarah bersama. Saya juga berharap semua kegiatan kedepan lebih banyak melibatkan stakeholder agar apa yang kita hasilkan dapat berguna bagi bangsa dan Negara.

Adapun para Narasumber kegiatan dialog ini yaitu :

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulsel, Andi Syamsu Rijal, S. S., M. Hum

PIC Desa Pemajuan kebudayaan Wilayah Sulselbar, Arisal, M. Pd

Kepala Bidang Kebudayaan dinas pendidikan dan kebudayaan Kab. Soppeng, Dr. Karim, S. Pd., M. Pd. (Rls)