Iklan

Kasus Penculikan Marak, Kadis DP3AP2KB Soppeng Imbau Masyarakat Jaga Anaknya

Minggu, 29 Januari 2023, Minggu, Januari 29, 2023 WIB Last Updated 2023-03-19T14:02:44Z


SOPPENG - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Soppeng, Andi Husniati terus mengimbau masyarakat khususnya orang tua untuk menjaga anaknya.

Pasalnya, kasus penculikan anak di daerah lain kian marak. Meskipun belum ada kejadian di Kabupaten Soppeng, tapi orang tua diminta tetap waspada.
Menurut Husniati, dalam mencegah kasus penculikan anak, peran utama datang dari orang tua.

Orang tua juga wajib memberikan pemahaman dan membekali pengetahuan kepada anak terkait cara menjaga diri saat melakukan aktivitas sehari-hari. 

“Ajari anak untuk waspada terhadap orang asing, baik dengan tidak berbicara, menolak pemberian, maupun melarang menyentuh bagian tubuh tertentu,” imbuhnya.

Tak hanya itu, ajarkan pula tindakan yang harus dilakukan anak ketika menghadapi situasi seperti itu, misalnya seperti berteriak, lari ke tempat ramai atau aman, dan mencari pertolongan ke guru atau petugas keamanan.

“Jika anak sudah bersekolah, orang tua perlu secara kontinu berkomunikasi dengan guru untuk mengetahui situasi anak apabila ada hal-hal yang mengganggu,” sambung husniati. (*)

Komentar

Tampilkan

  • Kasus Penculikan Marak, Kadis DP3AP2KB Soppeng Imbau Masyarakat Jaga Anaknya
  • 0

Terkini

Topik Populer

Video Terpopuler