Penghargaan Wistara Kelima Kalinya, Ini Kata Bupati Soppeng

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Iklan Halaman Posting

Penghargaan Wistara Kelima Kalinya, Ini Kata Bupati Soppeng


JAKARTA
- Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak, menghadiri acara Penganugerahan penghargaan Kabupaten/kota Sehat (swasti saba) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat tahun 2023, di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (28 /11/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri Menko PMK, Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Sekjend Kemendagri, Suhajar Diantoro, Dirjen Bina Bangda, Restuardy Daud serta undangan lainnya. 


Penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten/kota sehat ini diterima langsung Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak, dengan predikat tertinggi yaitu Swasti Saba Wistara, dan sekaligus mencatatkan Kabupaten Soppeng sebagai peraih penghargaan Wistara untuk ke-5 kalinya .


Bupati Soppeng menyampaikan bahwa Penghargaan Swasti Saba tahun ini, tidak mudah untuk diraih, karena adanya perubahan terkait tatanan yang wajib diimplementasikan Kabupaten/kota.


"Jika sebelumnya yang dinilai adalah implementasi minimal 6 tatanan, untuk tahun ini penilaian difokuskan pada implementasi sembilan tatanan, dengan nilai rata-rata per tatanan minimal 91 point," kata Kaswadi.


Kata dia, hasil ini menunjukkan kalau implementasi sembilan tatanan di Kabupaten Soppeng telah berjalan baik melalui pemenuhan indikator-indikator yang telah ditetapkan.


"Hal ini tentu tidak terlepas dari dukungan seluruh unsur yang terkait mulai dari OPD selaku Tim Pembina, pengurus Kabupaten Sehat Soppeng disetiap jenjang, termasuk komitmen pimpinan daerah," jelasnya.


Untuk tahun 2023 ini, Wistara diraih oleh Kabupaten Soppeng bersama 26 kabupaten/kota lainnya, Wiwerda diraih oleh 34 kabupaten/kota, Padapa diraih oleh 75 kabupaten/kota dan 6 provinsi sebagai Tim Pembina Provinsi Terbaik, termasuk Sulawesi Selatan sebagai Terbaik III. (Rls)