Pj TP PKK Sulsel Hadiri Perignatan HKG di Kabupaten Soppeng

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Iklan Halaman Posting

Pj TP PKK Sulsel Hadiri Perignatan HKG di Kabupaten Soppeng


SOPPENG - 
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga melaksanakan acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2023 dengan tema “Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia tumbuh”, bertempat di Gedung Serbaguna La Patau Soppeng. Minggu, (26/11/2023).


Sambutan seragam Ketua Umum TP. PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 Tahun 2023 yang dibacakan oleh Ketua TP. PKK Kab. Soppeng Hj Nurjannah Andi Kaswadi, SE. Sebagaimana layaknya peringatan suatu Ulang Tahun, maka melalui momentum Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tahun 2023 ini, saya sangat mengharapkan agar rangkaian peringatan semacam ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja.


Namun juga bukan merupakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada lagi gaungnya. Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah Gerakan PKK. Semangat yang menggelora itu senantiasa harus menjadi energi untuk bergerak bersama.



Atas dasar itulah, maka Tema Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tahun 2023 ini adalah "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh". Sehingga Tema ini mengandung makna yang sangat mendasar pada era ini, yakni kebersamaan dan keterpaduan yang harus kita curahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Niscaya bilamana tekad dan kemauan untuk bergerak bersama itu dapat kita laksanakan, maka diharapkan dapat pula kita wujudkan Indonesia tumbuh yang pada akhirnya Indonesia maju.


Menghadapi dinamika pembangunan sebagaimana yang kita alami saat ini, maka saya sungguh sangat berharap, agar kita sekalian sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK, tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian kita selaku relawan, yang senantiasa bersikap rendah hati, namun tidak rendah diri. Karena rendah hati adalah landasan yang kokoh dari semua kebajikan. Oleh karena itu, gelorakanlah terus semangat kebersamaan untuk Bergerak Bersama bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan kita. Karena kebajikan itu pada hakekatnya adalah perbuatan kita, kesadaran dan tenggang rasa kita terhadap orang lain dan lingkungan kita yang secara kolektif hidup di negara Indonesia tercinta.


Oleh karena itu pula, melalui Tema Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2023 ini, saya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada Kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK, agar tetap selaras dengan Program-program Pemerintah.



Pj (Penjabat) Ketua TP. PKK Prov. Sulawesi Selatan Hj. Sofha Marwah Bahtiar, SE dalam sambutannya, Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng yang telah menyambut kami dari Provinsi Sulawesi Selatan bersama rombongan dengan begitu hangat serta diajak berkeliling di Taman Kalong dan Villa Yuliana untuk melihat kelelawar. Yang mana pada umumnya biasanya kelelawar kebanyakan di dalam gowa, namun disini kelelawar berada di tengah Kota Soppeng dan dapat berbaur dengan masyarakat.


Sebagai Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, saya melanjutkan membawa Tp. PKK di ujung tombak pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat di Sulawesi Selatan yang tentunya hal ini tidak mudah, namun pada kesempatan ini saya berharap dapat membangun komitmen bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng dalam mensinergikan program pemerintah dan 10 program PKK dalam merealisasikan program prioritas Pj. Gubernur Selatan.


Dalam menangani masalah stunting, saai ini kami di Provinsi telah membuat aplikasi Inzting (Ikhtiar Men-Zero-kan Stunting) yang nantinya akan kami sosialisasikan kepada Anggota TP. PKK Kecamatan bahkan sampai di desa.


Tahun ini, Gerakan PKK mencapai usia 51 Tahun, oleh karena itu mari jadikan HKG PKK ini sebagai semangat baru yang menggelora dan menjadi energi untuk bergerak bersama PKK dengan konsisten dalam mengiringi dan mendukung kebijakan program pemerintah.


Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya, Atas nama pemerintah daerah dan keluarga besar TP. PKK Kab. Soppeng menyampaikan selamat datang kepada Ketua TP. PKK Prov. Sulawesi Selatan bersama rombongan di Kab. Soppeng Bumi Latemmamala. Serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika ada hal yang tidak berkenan di hati ibu, karena sukses tidaknya kegiatan ini tidak lepas dari tanggungjawab kami sebagai bagian yang senantiasa mensupport berbagai kegiatan TP. PKK Kab. Soppeng karena kami selalu menginginkan dalam kegiatan pemerintah selalu berdampingan dengan PKK.


Kehadiran TP. PKK di tengah masyarakat tentu banyak hal yang sudah dirasakan terutama dalam rangka penanganan Stunting yang menjadi prioritas dalam program nasional. Olehnya itu, mari kita bergerak bersama dan bergandengan tangan untuk memajukan daerah ini.

Berikanlah yang terbaik bagi bangsa dan negara sehingga semua program yang direncanakan oleh pemerintah terutama 10 program PKK yang menjadi perhatian bagi pemerintah serta berbagai sumbangsih lain yang diberikan kepada masyarakat.


Acara dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Ketua TP. PKK Kab. Soppeng yang kemudian akan diserahkan kepada Pj. ketua TP. PKK Provinsi Sulawesi Selatan.


Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh TP. PKK Kab. Soppeng oleh Ketua TP. PKK Kab. Soppeng. Dan penyerahan bantuan kepada Balita oleh Pj. Ketua TP. PKK Provinsi Sulawesi Selatan.



Setelah acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang bertempat di Gedung Serbaguna La Patau Soppeng selesai. Bupati Soppeng, Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, Pj. Ketua TP. PKK Provinsi Sul-sel bersama rombongan melakukan kunjungan ke Screen House NFT Sayur yang berlokasi di Kelurahan Lapajung untuk meninjau kebun yang diolah oleh Bupati Soppeng dengan menggunakan Teknologi kultur jaringan. Pada kesempatan tersebut, Bupati Soppeng memperkenalkan komoditi cabai rawit khas Soppeng yaitu Cabai tampaning yang merupakan jenis cabai rawit lokal yang ada di Kabupaten Soppeng serta berbagai jenis sayuran lainnya yang terdapat di Screen House ini.



Turut hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda, para Asisten Setda, para Kepala SKPD, para Camat, para Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng, para Pengurus PKK Kabupaten, para Ketua dan pengurus TP. PKK Kecamatan se Kab. Soppeng, Ketua Bhayangkari Kab. Soppeng, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Kab. Soppeng. (Rls)