ads

Minggu, 29 Mei 2022

CJH Regules Soppeng Iktui Bimbingan Manasik Haji

CJH Regules Soppeng Iktui Bimbingan Manasik Haji

 


KLIKTERKINI.COM, SOPPENG - Kementerian Agama Kabupaten Soppeng melakukan bimbingan manasik bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Reguler tingkat Kabupaten Soppeng di Baruga Rujab Bupati Soppeng, Minggu (29/5/2022).


Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Soppeng, Fitriadi menyampaikan, bimbingan manasik tersebut diikuti sebanyak 119 orang.


Sedangkan kuota Kabupaten Soppeng sebanyak 115 orang yang masuk estimasi pemberangkatan pada sistem komputerisasi Haji terpadu (Siskohat) musim Haji 1443 Hijriah tahun 2022 Masehi.


“Ada tambahan jamaah mutasi dari provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 3 orang dan petugas haji daerah 1 orang,” kata Fitriadi.


Kata dia, bimbingan manasik haji ini sangat penting agar calon jamaah haji memiliki bekal lebih awal tentang tata cara pelaksanaan Ibadah Haji.


“Jamaah haji Kabupaten Soppeng tergabung dalam kloter 1 emberkasi Makassar dan diterima pada 16 Juni 2022 dan berangkat menuju Madinah pada 17 Juni 2022,” ungkapnya.


Sementara, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni menyebut pelaksanaan ibadah haji tidak sesederhana apa yang dibayangkan.


“Ibadah haji merupakan ritual tahunan dan dinilai Umat Islam sebagai puncak Spiritual,” kata Khaeroni.


Dijelaskannya, ibadah haji wajib bagi manusia dengan syarat bagi yang mampu melakukan perjalanan ke Baitullah bukan hanya sekedar secara personal tetapi mampu secara kolektif kolegial, bukan juga hanya mampu secara materi tetapi mampu secara fisik.


“Jamaah haji diharapkan tetap menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan pola makan yang benar,” tutupnya.


Sekadar diketahui, bimbingan manasik Haji dilaksanakan selama 2 hari dan dilanjutkan ke tingkat Kecamatan selama 4 hari yakni di wiliayah Kecamatan Lalabata dan Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. (Rilis)

Don't Miss

News Feed