Festival Abbatireng Na Wennang Sabbe Bakal Angkat Kejayaan Sutera Soppeng

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Festival Abbatireng Na Wennang Sabbe Bakal Angkat Kejayaan Sutera Soppeng




KLIKTERKINI.COM, SOPPENG - Komunitas Pekerja Seni Kreatif (KPSK) Bumi Latemmamala Soppeng akan menyelenggarakan kegiatan Festival Abbatireng Na Wennang Sabbe yang akan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 23-24 September 2022 mendatang.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Gasis Watansoppeng ini, merupakan program fasilitasi Bidang Kebudayaan 2022 Dirjen Kebudyaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dengan mengangkat tema “ Lestari Budaya Bentuk Karakter Generasi Muda”.

Ketua Panitia kegiatan Festival Abdul Rahman menjelaskan, bahwa melalui kegiatan ini kami mencoba mengangkat kembali kejayaan sutra Soppeng melalui pameran hasil produk-produk dari benang sutra yang bukan hanya sekedar kain sutra saja. 

Bahkan tempat produksi para kelompok tani wanita sehingga dapat menjadi tempat wisata edukasi pembudidayaan ulat sutra. 

"Dengan adanya kegiatan ini kita dapat memperkenalkan kembali benang dan kain sutra itu sendiri yang merupakan produk kearifan lokal Kabupaten Soppeng," katanya.

Pada kegiatan Festival Abbatireng Na Wennang Sabbe ini ada beberapa rangkaian kegiatan lain yang akan dilaksanakan yaitu pementasan sanggar seni, pameran produk sutra, permainan rakyat, tarian massal beralurkan proses ulat menjadi kain sutra dan pemutran video edukasi mulai dari ulat hingga menjadi kain sutra. 

”Melalui kegiatan ini pula, kami mencoba mengangkat kembali permainan rakyat dan tarian massal dengan melibatkan siswa/siswi dari tingkat SD maupun SMP sebagai peserta dalam kegiatan ini dan melakukan edukasi melalui Media Sosial agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas sehingga dapat menumbuhkan karakter budaya yang sudah mulai terlupakan.  (RIlis)