Iklan

BKSDA Sulsel Rilis Hewan Dilindungi di KWA Lejja

Jumat, 02 Desember 2022, Jumat, Desember 02, 2022 WIB Last Updated 2022-12-07T09:02:33Z

SOPPENG - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulawesi Selatan melepas 16 satwa liar yang dilindungi ke Kawasan Konservasi Wisata Alam Lejja Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa jenis Ever, Jumat (02/12).


Selain ke 16 satwa jenis Julan Sulawesi (Rhyticeras) juga dilepas 10 ekor Kringkin bukit (PrionitasPlatury) satu ekor dan Prikici dora (Tricholusus otaney).


Kabid KSDA Wilayah II Pare Pare Ahmad Yani mengatakan, satwa jenis burung ini dilepas di hutan bebas dalam rangka melestarikan hewan tersebut. Karena jika tinggal di kandang tidak terurus dengan baik, tidak bisa berkembang biak, sama halnya dengan manusia kalau di penjara biar dikasih makan enak kandangnya dari emas tapi terkurung maka tidak bisa juga berkembang biak,kata Ahmad Yani


Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Soppeng Hj.Andi Nurlina juga mengatakan, hal itu menjadi daya tarik bagi pengunjung dan wisatawan."Kami selaku dinas pariwisata sangat mendukung kegiatan seperti ini sehingga satwa satwa yang ada di Kabupaten Soppeng bisa terjaga dan terpelihara, tidak punah dan bisa dinikmati nanti oleh anak cucu cucu kita," harap Kadis Pariwisata.

Hal yang sama disampaikan oleh Kadis Lingkungan hidup Kabupaten Soppeng melalui Kepala Seksi Lingkungan hidup Kabupaten Soppeng, Baba."Tentu kita berterima kasih karena adanya kegiatan seperti ini. Sehingga tidak hanya kelelawar saja tetapi ada beberapa satwa lain yang hidup di Kabupaten Soppeng. Kami juga mengharapkan seandainya bisa ditempatkan di permandian alam dan tentu itu bisa jadi daya tarik bagi pengunjung di Lejja,"harap Baba.


Di tempat yang sama kepala desa Abdul Majid juga meminta ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sulawesi Selatan jika ingin melapas binatang atau burung tentu pihaknya berharap supaya ada manfaatnya bagi masyarakat sekitar KWA Lejja dan bagi pengunjung.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis lingkungan hidup Kabupaten Soppeng, Padis Pariwisata kabupaten Soppeng Hj.Andi Nurlina, Kepala KPH Walenae Kades Bulue,Babinsa Bhabinkamtibmas Bulue Kepala Resort Lejja. (Rilis)

Komentar

Tampilkan

  • BKSDA Sulsel Rilis Hewan Dilindungi di KWA Lejja
  • 0

Terkini

Topik Populer

Video Terpopuler