Dalami Survey, Diskominfo Gelar Penyelenggaraan Statistik Sektoral

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Dalami Survey, Diskominfo Gelar Penyelenggaraan Statistik Sektoral


SOPPENG
-  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Soppeng melaksanakan kegiatan penyelenggaraan statistik sektoral di lingkup Pemkab Soppeng Tahun Anggaran 2022, di aula kantor gabungan OPD Soppeng, Kamis, 1 Desember 2022


Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kabupaten Soppeng, Andi Ahmad Remil mengatakan, penyelenggaran statistik sektoral yang dilaksanakan pemerintah dimaksudkan untuk memperoleh data mendalami survey.


Selain itu, kompilasi produk administrasi dan cara lain sesuai dengan perkembangan iptek, survey dan kompilasi produk administrasi yang dilaksanakan secara berkala dan sewaktu-waktu, sesuai kebutuhan wilayah survey statistik sektoral meliputi bagian atau seluruh wilayah Kabupaten Soppeng.


Sedangkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai hasil dari pembangunan sehingga menyebabkan data statistik dibutuhkan.


"Beragam data yang dibutuhkan memerlukan keterlibatan penyelenggara kegiatan statistik dari SKPD di lingkup Pemkab Soppeng. Kemajuan perkembangan iptek yang berdampak terhadap perkembangan kegiatan statistik," ucapnya .


Lanjut Ahmad Remil katakan, perubahan dilingkungan strategi seperti era keterbukaan, meningkatnya persaingan pesat laju arus informasi statistik. Olehnya itu, penyelenggaraan statistik memerlukan data yang lebih memadai untuk dapat menyamai terhindarnya duplikasi, kemudahan akses oleh pengguna data, kepastian hukum bagi penyelenggara kegiatan statistik dan perlindungan kepada respondan.


Sekretaris Daerah Soppeng, H Andi Tenri Sessu yang membuka kegiatan ini menyapaikan, penyelenggaraan statistik sektoral skala lingkup pemerintah daerah yang berada di bawah naungan Diskominfo Soppeng, saat ini Pemkab Soppeng telah bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Soppeng.


Tenri Sessu mengatakan, data statistik sektoral daerah adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah daerah, dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok Pemda khususnya di Kabupaten Soppeng. 


"Harus dipahami bahwa tugas kita semua baik pejabat struktural, pejabat fungsional dan seluruh stakeholder yang berkepentingan terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Soppeng. Apapun perencanaan kegiatan yang akan kita lakukan harus dimulai dari data statistik sektoral ini," jelasnya.


"Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Soppeng yang telah melaksanakan kegiatan ini, dengan satu keyakinan bahwa proses pembangunan dengan menggunakan data statistik dengan angka atau apapun itu hasilnya dapat terlihat karena kegiatan dilakukan berdasarkan kondisi riil, jika dibandingkan dengan tidak menggunakan data," tutupnya.  


Kegiatan ini diikuti pejabat dan staf yang menangani data pada masing-masing SKPD, dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang. (Rilis)