PMI Cabang Soppeng Gelar Orientasi Pembina PMR Tingkat Mula

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Iklan Halaman Posting

PMI Cabang Soppeng Gelar Orientasi Pembina PMR Tingkat Mula


SOPPENG -
 Palang Merah Indonesia (PMI) Kab.Soppeng menyelenggarakan kegiatan Orientasi Pembina PMR tingkat Mula se Kab. Soppeng bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng, Selasa (22/11/2023).


Abdul Rahman selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali PMR di Sekolah khususnya Tingkat Sekolah Dasar dengan merefresh kembali materi kepalangmerahan.


Kegiatan orientasi ini terbagi menjadi 2 gelombang, yaitu Gelombang I dilaksanakan pada hari ini tanggal 22 s/d 24 November 2023 dengan peserta dari para Pembina PMR tingkat Mula/ SD sederajat se Kec. Lalabata, Kec. Ganra, Kec. Marioriawa dengan total peserta yang hadir sebanyak 58 orang.


Sedangkan untuk Gelombang II akan dilaksanakan pada tanggal 28 s/d 30 November 2023 dengan peserta dari para Pembina PMR tingkat Mula/ SD sederajat se Kec. Donri-Donri, Kec. Lilirilau, Kec. Liliriaja, Kec. Citta dan Kec. Marioriwawo.


Adapun narasumber untuk kegiatan ini berasal dari PMI Provinsi Sulawesi Selatan.


Kegiatan orientasi ini, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kab. Soppeng yang juga selaku Ketua PMI Kab. Soppeng Drs. A. Tenri Sessu, M. Si, dalam sambutannya menjelaskan bahwa salah satu tujuan orientasi ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada kita semua terutama yang berkaitan dengan kepalangmerahan.


Hal ini penting mengingat kepalangmerahan merupakan salah satu kegiatan yang direkomendasikan oleh Kementerian Pendidikan berkaitan dengan kegiatan Ekstrakurikuler siswa. Tak hanya itu, ini juga akan menjadi bagian dari kegiatan para pembina PMR dalam melakukan sistem kerjanya.


Secara garis besar, dalam kegiatan kepalangmerahan ini ada 3 tugas yang harus dilakukan yaitu menggerakkan kepalangmerahan di lingkungan sekolah, mengarahkan para siswa untuk berpalangmerah dengan sesungguhnya, serta mengawasi agar kegiatan-kegiatan kepalangmerahan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.


Oleh karena itu, saya berharap kepada para peserta agar mengikuti kegiatan orientasi ini dengan baik, dan canangkan dalam hati bahwa kita bergabung di Kepalangmerahan ini dengan berdasar pada 7 Prinsip Dasar Palang Merah.


Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta oleh Ketua PMI Kab. Soppeng.