Disdikbud Soppeng Gelar Lokakarya 7

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Iklan Halaman Posting

Disdikbud Soppeng Gelar Lokakarya 7


SOPPENG
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng melaksanakan acara Lokakarya 7 "Panen hasil Belajar" Program pendidikan guru penggerak angkatan 8, bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng. Sabtu, 2 Desember 2023.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng Andi Sumangerukka Syahrazad, SE, S.Sos, M.Si dalam laporannya Sejak diluncurkannya Program Guru Penggerak di Merdeka Belajar pada episode 5 tahun 2020. Kabupaten Soppeng sudah menghasilkan guru penggerak sebanyak 179 orang yang tersebar dari Angkatan 2, 5, 7 dan 8 yang saat ini sedang melakukan lokakarya Panen Hasil Belajar dan angkatan 9 saat ini sedang menjalani pendidikan. Sedangkan angkatan 10 dan 11 sementara mengikuti proses seleksi awal. Program Guru Penggerak akan berakhir di angkatan 13 di akhir tahun 2024.


Dalam perjalanannya Alhamdulilah pada tahun 2021 dan 2022 Kabupaten Soppeng berhasil meraih penghargaan dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Selatan sebagai Kabupaten terbaik untuk Pengelolaan Program Guru Penggerak.


Untuk tahun 2023 kabupaten Soppeng tetap bertahan sebagai Kabupaten yang tertinggi persentase Sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka di Sulsel yaitu 99,87% dan Kabupaten Soppeng masuk urutan 5 Nasional sebagai Kabupaten dengan jumlah Aktivasi Akun Pembelajaran Tertinggi. Sehingga pada puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 Kabupaten Soppeng mendapatkan penghargaan dari Mendikbudristek sebagai terbaik nasional Kabupaten Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka.


Pada puncak Hari guru Nasional 25 November 2023 kemarin, kembali Kabupaten Soppeng keluar sebagai juara umum dan membawa pulang 12 trophy dari Kepala Balai Besar Guru Penggerak Sulawesi Selatan dan mencatatkan gurunya sebagai 3 berbaik, nasional.


Sambutan Kepala Balai Besar Guru Penggerak Sulawesi Selatan dibacakan oleh Ibu Yusfin Pasapan, S.Kom Sebagaimana yang ketahui bahwa Program pendidikan guru penggerak menjadi program prioritas kemendikbudristek yang bertujuan untuk memberikan kompetensi guru penggerak kepada para guru. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut, dituntut untuk menyelesaikan 3 modul yaitu paradigma dan visi Guru Penggerak, praktik pembelajaran yang berpihak pada murid dan pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah.


Program pendidikan Guru penggerak ini telah terlaksana di 14 Kab/Kota se Provinsi Sulawesi Selatan, dimana total calon guru penggerak yang mengikuti sampai saat ini sebanyak 437 calon guru penggerak yang berasal dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SDLB.


Calon guru penggerak merupakan aset sumber daya pendidikan yang jika diberdayakan akan menjadi garda terdepan yang akan membangkitkan pendidikan di daerah.


Kelancaran program ini tentu tidak terlepas dari dukungan dan kolaborasi yang kuat dari berbagai pihak. Sehingga, Alhamdulillah khusus di Kab. Soppeng pelaksanaan program pendidikan Guru penggerak untuk Angkatan ke 8 telah terfasilitasi sebanyak 26 calon guru penggerak. Oleh karena itu, dengan segala hormat saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Soppeng melalui dinas pendidikan yang ikut serta menjadi pendukung penyelenggaraan program ini.


Sambutan Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE Dalam persiapan menuju Indonesia Emas di tahun 2045, maka diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusia mulai sekarang. Sehingga, dengan adanya pelatihan guru penggerak, para pengajar dapat menimba ilmu kembali secara sistematis.


Walaupun disadari bahwa tugas guru begitu berat, tetapi para guru memiliki tugas yang begitu penting dalam mewujudkan generasi unggul Indonesia. Dengan demikian, Guru penggerak diharapkan menjadi pemimpin- pemimpin pendidikan di masa depan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.


Dalam rangka meningkatkan pendidikan di Kab. Soppeng, pemerintah daerah telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak Perguruan Tinggi, sehingga Alhamdulillah sudah ada Vokasi di Soppeng yang telah kami fasilitasi dengan harapan anak-anak kita perlu jauh untuk melanjutkan pendidikan.


Acara dilanjutkan dengan pengukuhan Koordinator Guru Penggerak angkatan 8 Kab. Soppeng oleh ibu Yusfin Pasapan, S. Kom. Serta penandatanganan komitmen bersama guru penggerak angkatan 8 Kab. Soppeng oleh Bupati Soppeng.


Adapun Koordinator Guru Penggerak angkatan 8 Kab. Soppeng yaitu Bapak Bambang Anir, S. Pd (Guru SD Negeri 190 Launga).


Turut hadir pada kegiatan ini, kepala Bidang Pembinaan ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng, para pengawas se Kab. Soppeng, pada Kepala Sekolah tingkat SD, SMP, SMA se Kab. Soppeng. (Rilis)