Begini Cara Pemkab Soppeng Tingkatkan Perencanaan Daerahnya

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Begini Cara Pemkab Soppeng Tingkatkan Perencanaan Daerahnya




KLIKTERKINI.COM, 
SOPPENG - Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak menghadiri pembukaan Workshop Sistem Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (Penerapan SIPD, Maturitas SPIP, E-MONEV)”, di Hotel Aryaduta, Makassar, mulai 3 sampai 6 Juli 2022.


Pelaksanaan kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi dari berbagai tugas dan tanggung jawab dalam menerapkan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi, Pelaksanaan Sistem Monitoring dan Evaluasi (E-Monev) yang disatukan dalam sebuah kegiatan Workshop/Fasilitasi Sistem Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Kabupaten Soppeng.

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pangetahuan bagi para peserta yakni Sumber Daya Aparatur perencanaan Lingkup Pemerintah kabupaten Soppeng, dengan harapan dapat lebih meningkatnya kinerja pembangunan daerah terutama dalam menjamin kualitas dokumen Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. 

"Diharapkan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah bisa lebih berkualitas mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi kegiatannya," katanya.

Lanjut Kaswadi, untuk memenuhi itu tentunya semua merupakan sinergitas dan tanggung jawab bersama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten untuk terus berupaya mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang lebih efektif, efisien, dan akuntabel dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Senada dengan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan Rizal Suhaili. Ia mengungkapkan bahwa dalam penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah harus dilakukan secara bersama-sama oleh setiap unsur organisasi baik pimpinan maupun seluruh pegawai. 

"SPIP disusun untuk memberikan jaminan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai yaitu efektifitas/efisiensi pelaksanaan program/kegiatan, laporan keuangan yang andal, asset yang aman dan taat pada regulasi," jelasnya. (Rls)