Pemprov Sulteng Belajar Pengelolaan DBH CHT di Soppeng

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pemprov Sulteng Belajar Pengelolaan DBH CHT di Soppeng


SOPPENG
- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melakukan kunjungan studi danding Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) di Kabupaten Soppeng, Selasa, 24 Oktober 2022.


Rombongan Pemprov Sulteng yang dipimpin Kepala Badan Pendapatan Daerah Romy Sandy Agung, disambut Wakil Bupati Soppeng H Lutfi Halide bersama kepala kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Parepare, dan Plt Kadis PPK UKM Andi Agussalim, di aula gabungan OPD Soppeng.


Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Romy Sandy Agung menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Pemkab Soppeng yang telah bersedia menerima kunjungan kami. Diketahui Kabupaten Soppeng merupakan penghasil tembakau dan mendapat DBH CHT tertinggi di Sulawesi Selatan.


Sedangkan Sulteng, kata Romy Sandy, baru 3 tahun memperoleh DBH CHT, namun sekarang mengalami penurunan. Sehingga ini menjadi salah satu alasan kami melakukan studi banding di Soppeng sebagai langkah untuk dapat mengembalikan DBH CHT seperti 3 tahun lalu. 


"Karena kami juga melihat Soppeng telah melalui proses yang panjang dalam mencapai hasil ini. Inilah yang akan Kami pelajari tentang apa yang menjadi faktor keberhasilan Kabupaten Soppeng dalam mengelolah cukai tembakau," jelas Romy Sandy Agung.


Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan Pemprov Sulteng di Kabupaten Soppeng dalam rangka studi banding DBH CHT. 


Terkait cukai tembakau, kata Lutfi, nanti akan dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Parepare tentang bagaimana trik untuk mendapatkan DBH CHT di kondisi sulit saat ini. 


"Selain kita masih menghadapi masa pandemi Covid-19, saat ini kita juga menghadapi krisis global salah satunya krisis pangan, sehingga kami membuat program sejuta tanaman cabe serta memelihara ikan bioflok dengan harapan dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga," ungkap Lutfi Halide.


"Dengan kehadiran kita disini, mari kita berdiskusi bersama kira-kira apa yang baik dan dapat dibawa pulang ke Sulawesi Tengah untuk diterapkan. Semoga kita bisa saling menolong dan bekerjasama terkait DBH CHT ini," tambahnya.  


Acara dilanjutkan penyerahan cenderamata dan plakat lambang Soppeng oleh Wakil Bupati Soppeng kepada Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, dan Kepala kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Parepare. (Rilis)