Begini Cara Soppeng Tingkatakan Komptensi Kehumasan ASN

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Begini Cara Soppeng Tingkatakan Komptensi Kehumasan ASN


SOPPENG
-  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Soppeng melaksanakan kegiatan orientasi peningkatan kompetensi kehumasan, di aula kantor gabungan OPD Pemkab Soppeng, Kamis 1 Desember 2022.


Kabid Humas, Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Diskominfo Soppeng, Nasyithah Usman mengatakan, kegiatan orientasi ini  dimaksudkan untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan tentang kehumasan dan pengelolaan konten media sosial. Sehingga diperoleh sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi dan profesional dalam melaksanakan tugas khususnya yang terkait dengan tugas-tugas kehumasan. 


Sedangkan tujuannya adalah agar setiap penyelenggaraan acara atau kegiatan -kegiatan, baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah maupun oleh SKPD dapat berjalan lancar dan para humas SKPD mampu menghasilkan pemberitaan yang faktual dan aktual.


“Begitupun dengan pelatihan konten media sosial, sebagai mana diketahui bahwa media sosial adalah salah satu sarana komunikasi dan bersosialisasi yang banyak dimiliki oleh masyarakat apalagi generasi muda. Terlebih, di zaman serba digital seperti sekarang ini, media sosial seolah menjadi hal wajib yang perlu dimiliki oleh masyarakat,” kata Nasyithah.


Sementara Kepala Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Sultan Rakib mengatakan, kegiatan orientasi ini sebagai bentuk continuous improvement bagaimana kita lebih baik hari ini dibanding hari kemarin dan hari esok tentu lebih baik dari hari ini.


"Apalagi kapasitas kita di bidang humas harus jauh lebih baik karena peningkatan teknologi informasi juga begitu berkembang pesat," ujarnya.


Sultan Rakib menjelaskan, berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas pengolahan anggaran yang kita kelola melalui APBD kabupaten/kota dan menjadi tanggung jawab kita semua. 


“Ini juga adalah bagian tanggung jawab moral bagi kita semua sebagai pejabat dan pemimpin pada publik,” ucapnya.


Menurut Sultan, kehadiran humas itu harus mencerminkan dan menjadi wajah bagi OPD di Kabupaten Soppeng. Jadi performa humas menjadi wajah bagi badan publik dimanapun berada. 


“Kita berharap disini tidak ada guru dan tidak ada murid, namun disini kita harus belajar bersama karena tantangan kita kedepan adalah bagaimana menghadapi era digitalisasi,” tambahnya.


Kegiatan orientasi ini diikuti kepala SKPD, Camat dan Humas SKPD dan Kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 68 orang. (Rilis)